Thursday

23 Fakta Paling Keren Mengenai Byakugan, Kamu Harus Baca!


Byakugan
Byakugan merupakan dojutsu kekkei genkai milik klan Hyuga dan Klan Ōtsutsuki yang diwarisi dari nenek moyang mereka yaitu Kaguya Ōtsutsuki. Byakugan memiliki kekuatan yang cukup diinginkan oleh kebanyakan shinobi mulai dari kemampuan melihat benda di balik penghalang, benda di tempat yang jauh, hingga kemampuan melihat chakra lawan. Oleh karena itu, kali Borutonesia akan memaparkan 23 Fakta Keren Mengenai Byakugan Klan Hyuuga:



1 - Byakugan secara harfiah dapat diartikan sebagai "Mata Putih". Namun dalam dunia Naruto, Byakugan diartikan sebagai "Mata Putih Yang Melihat Segalanya" yang mungkin karena mata ini memiliki kemampuan melihat segala hal di balik penghalang.

Byakugan

#2 - Dalam rangka untuk mengurangi kemungkinan Kekkei Genkai mereka jatuh ke tangan musuh, serta agar golonhan bawah memberikan rasa hormat mutlak kepada mereka, kalangan atas klan Hyuuga memberi segel terkutuk pada dahi anggota golongan bawah, yang akan menyegel Byakugan mereka seketika setelah kematian mereka. Segel ini juga dapat menimbulkan rasa sakit yang dahsyat kepada anggota golongan bawah yang dianggap membangkan sebagai metode menghukum mereka.

#3 - Ketika Toneri Ōtsutsuki mendapat Tenseigan dengan mengambil mata Byakugan Hanabi Hyuga, dia berhasil mengakses Mode Chakra Tenseigan yang memberikan dia "Bola Mencari Kebenaran" dan perangkat tambahan fisik yang sangat mirip dengan Mode Chakra Ekor-Sembilan. Tenseigan juga mampu memberikan pengguna kemampuan untuk mengontrol gaya gravitasi dan kemampuan unik seperti telekinesis.

#4 - Kemampuan Byakugan untuk melihat chakra memang luar biasa sebab dapat benar-benar melihat sistem jalur chakra dan tenketsu 361 yang berjalan di sepanjang tubuh target. Hyūga juga telah merancang gaya pertempuran yang mereka kenal sebagai Tinju Halus. Tehnik ini secara khusus mengambil keuntungan dari kemampuan ini, dimana mereka mampu menyerang tenketsu lawan baik melalui segel atau secara paksa membuka tenketsu ini, sehingga memberikan pengguna Byakugan kontrol penuh atas chakra lawan mereka.

Byakugan

#5 - Ao dari Kirigakure merupakan satu-satunya shinobi yang berhasil memperoleh Byakugan dan mencangkokkannya kepada dirinya. Ao memperoleh Byakugan dari Hyūga yang dia dikalahkan. Ao dan Kirigakure berusaha keras untuk melindunginya menggunakan pelindung khusus. Namun disaat yang sama, Danzō Shimura juga pernah berniat mengambil dan menghancurkannya.

#6 - Salah satu kelebihan terbesar Byakugan dibandingkan Sharingan adalah kemampuan terbesarnya untuk melihat chakra target dengan tingkat yang lebih tinggi daripada yang dapat dilakukan dengan Sharingan. Hal ini memungkinkan pengguna Byakugan dapat mengidentifikasi chakra milik individu tertentu, menentukan apakah ada genjutsu sedang digunakan, dan membedakan jenis klon/bayangan tertentu dari yang nyata.

Byakugan

#7 - Meskipun merupakan keturunan Hyūga, Boruto dan Himawari Uzumaki tidak memiliki Byakugan sejak lahir karena Masashi Kishimoto lupa untuk memberikannya kepada mereka sampai berakhirnya manga Naruto. Kishimoto kemudian mengkoreksi kesalahannya itu dengan memberikan Byakugan untuk Himawari pada bab spesial Hari Naruto Menjadi Hokage.

#8 - Terkadang para pengguna Byakugan akan menggunakan segel tangan ketika mengaktifkan kemampuan Byakugan. Meskipun tak jarang mereka memperlihatkan bahwa mampu mengaktifkan tanpa segel, mungkin ini menunjukkan tingkat tertentu dalam hal kontrol chakra yang dibutuhkan. Umumnya hanya segel Ular dengan jari telunjuk kanan diangkat lurus ke atas yang sering digunakan.

#9 - Ketika Mata Byakugan dikombinasikan dengan chakra keturunan Hamura Ōtsutsuki, mata ini akan berevolusi menjadi Tenseigan. Bola Tenseigan juga tercipta dari kumpulan Byakugan. Namun, Tenseigan dapat langsung kehilangan kekuatan dan kembali ke bentuk Byakugan ketika penggunanya melemah dalam pertempuran, seperti ketika Toneri setelah dikalahkan oleh Naruto .

Byakugan

#10 - Jarak pengelihatan yang dimiliki oleh para pengguna Byakugan sangat bervariasi antar pengguna. Kemampuan ini dapat ditingkatkan dengan pelatihan, seperti pada bagian I Hinata Hyuga hanya bisa melihat target 50 meter dan sedangkan pada bagian II Hinata dapat melihat target 10 kilometer jauhnya. Sedangkan Neji diketahui sejak awal memiliki kemampuan melihat dari jarak 800 meter.

#11 - Pengelihatan Byakugan dapat menembus benda yang paling padat dan penghalang sekalipun, meskipun pada kondisi yang tertentu pengelihatan Byakugan dapat dihalangi menggunakan tehnik tertentu. Hambatan juga mungkin mendistorsi cara pandang yang didapat pengguna Byakugan. Kemampuan Byakugan juga akan lebih efektif digunakan mengikuti gerakan kecepatan tinggi.

#12 - Byakugan dikenal sebagai salah satu anggota Tiga Besar Dojutsu bersama dengan Sharingan, dan Rinnegan. Sharingan dan Rinnegan merupakan evolusi Byakugan yang pertama kali dimiliki oleh Hagoromo yang diwariskan kepada klan Uchiha sehingga Byakugan pantas nenek moyang dari dojutsu.

Byakugan

#13 - Kemampuan unik Byakugan juga sangat didambakan oleh desa-desa lain, yang terbukti saat Kumogakure yang berupaya untuk mencurinya dan menimbulkan suatu peristiwa kelam dalam sejarah shinobi yang kemudian dikenal sebagai "Peristiwa Hyūga" yang telah merenggut nyawa ayah Neji.

#14 - Dalam versi anime, selain mampu melihat benda yang sangat jauh, mata Byakugan ditampilkan mampu memperbesar target berukuran kecil dan melihat menggunakan sinar inframerah untuk mendeteksi panas tubuh target.

#15 - Efek dari penggunaan jangka panjang dan berlebihan dari Byakugan menyebabkan ketegangan mata Byakugan sementara tapi berat yang membuat penggunanya sama sekali tidak dapat memahami target. Ini masih lebih baik dibanding Sharingan yang dapat menyebabkan kebutaan bagi pengguna.

#16 - Masashi Kishimoto telah menyatakan dalam Buku Data Ketiga bahwa jika terdapat pengguna Sharingan dan pengguna Byakugan menikah, maks anak-anak mereka akan memiliki masing-masing satu Byakugan dan satu Sharingan.

Byakugan

#17 - Dalam kisah Naruto SD: Rock Lee no Seishun Full-Power Ninden, setiap kali menunjukan emosinya Neji baik shock, marah, ataupun serius dalam situasi apapun, Byakugan akan langsung diaktifkan.

#18 - Tidak seperti Sharingan yang tidak dapat dinonaktifkan oleh Kakashi, Byakugan yang telah ditransplantasikan kepada Ao dapat diaktifkan dan menonaktifkan sesuka hatinya.

#19 - Tidak seperti kebanyakan shinobi, pengguna Byakugan tidak memiliki titik buta dan memiliki pandangan 360º, kecuali ada satu titik buta di bagian belakang leher tepat di atas toraks vertebra yang pertama.

#20 - Dalam anime, pengelihatan pengguna yang mengaktifkan Byakugan biasanya digambarkan dalam warna hitam dan putih terbalik serta warna biru saat melihat chakra manusia.

#21 - Tidak seperti dōjutsu lainnya, Byakugan sudah dimiliki oleh para penggunanya sejak dari waktu kelahiran mereka sehingga pengguna tidak perlu melakukan cara tertentu untuk membangkitkannya

Byakugan

#22 - Dalam versi anime, Byakugan digambarkan dengan warna lavender pucat, padahal seharusnya mata Byakugan digambarkan benar-benar putih.

#23 - Dalam versi manga, setelah menyerap chakra Kinshiki Ōtsutsuki, Byakugan Momoshiki Ōtsutsuki’ berubah menjadi berwarna emas. Dan Momoshiki bisa menggunakan byakugan-nya untuk meramal nasib orang lain, dia sendiri tidak mampu melihat nasibnya sendiri.

Dan itulah tadi 23 Fakta Keren Mengenai Byakugan Klan Hyuuga versi Borutonesia. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon